Allah bersama orang-orang yang sabar… (hikmah dari "Antri euuyyy")

Bissmillahirrahmanirrahim…

“Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar”… demikian kiranya terjemahan salah satu ayat dalam Al Qur’an yang menekankan betapa pentingnya kesabaran itu harus dimiliki setiap orang yang beriman. Hanya orang-orang “bodoh” saja yang tidak mau Allah bersama mereka, lantaran tidak mau bersabar barang sedikit.

Kalau Ali bin Abi Thalib menyebutkan: “Bersabarlah meski itu sulit. Karena akan jauh lebih sulit lagi jika kesabaran itu tak engkau miliki lagi”

Sabar… mudah dikatakan, sulit dilakukan… namun balasannya… Hmmm… Insya Allah maknyosss hehehe.

Masih sedikit berkaitan dengan tulisan sebelumnya “Antri Euyyy…”, Alhamdulillah ada sebuah hikmah yang kemudian saya dapatkan dari beberapa peristiwa yang menuntut saya “sedikit” bersabar dan “sedikit” mengalah ketika antrian saya diserobot oleh orang lain. Di sinilah saya menemukan sebuah hikmah… bahwa kebaikan yang sedikit saja, Insya Allah, Allah akan membalasnya dengan kebaikan yang jauh lebih baik… Insya Allah.

Begini ceritanya…

Di tulisan “Antri Euuy…” saya menyebutkan bahwa pada hari yang sama saya mengirimkan berkas Bayer Eco Minds dan Ajinomoto Scholarship 2009. Beberapa hari dan malam saya mengerjakan berkas-berkas itu dengan sepenuh hati, mendesain sampul, dan artistik di dalamnya sehingga (insya Allah) akan terkesan berbeda dari semua orang yang mungkin juga mengirimkannya ke Bayer Eco Minds dan juga Ajinomoto.

Yang ada dalam pikiran saya waktu membuatnya adalah… mencoba melakukan yang terbaik yang bisa saya lakukan untuk keduanya. Bayer Eco-Minds adalah ajang internasional 2 tahunan yang akan memilih 3 kandidat mahasiswa terbaik yang peduli akan “sustainable development” terkait lingkungan. Alhamdulillah proyek penelitian yang saya kerjakan selama 3 tahun bersama dosen kali ini sangat pas dengan tema Bayer Eco-Minds 2009, yaitu Sustainable Energy.

Jika lolos, insya Allah, akan ada kesempatan membuat jejak berikutnya ke New Zealand… dan bertemu Prof. Yusuf Chisti… Maestronya Microalgal Bioenergy yang jurnalnya sudah menjadi bahan rujukan skripsi saya… Insya Allah tinggal menunggu pengumuman, meski pihak panitia seleksi insya Allah telah memberikan “sinyal positif” tentang karya tulis yang saya ajukan. Apapun itu hasilnya… itu adalah yang terbaik bagiku menurut Allah. Bersabar… dengan ketentuan-Nya…

Satu lagi adalah, Ajinomoto Scholarship 2009. Saya memperoleh pengumuman ini ketika silaturahim ke Direktorat Kemahasiswaan IPB beberapa waktu yang lalu. Sama seperti ketika dahulu saya silaturahim ke sana yang kemudian menghantarkan saya bisa “mencicipi” Jepang selama 1 tahun. Maka hal ini berulang kembali… (maka benar adanya jika kita menjaga silaturahim, maka pintu rezeki akan terbuka lebar bagi kita).

Kebetulan pihak CSR Ajinomoto mengirimkan berkas lamaran ke IPB untuk semua mahasiswa yang mau mencoba aplikasi beasiswa S2 ke Jepang dengan tujuan University of Tokyo (Tokyo Daigaku / Todai), universitas paling top seantero Jepang. Dan ternyata berkas ini juga dapat dijumpai di internet sehingga terbuka bagi seluruh mahasiswa S1 yang kepingin melanjutkan S2 ke Jepang.

Beasiswa ini adalah yang pertama kali diberikan kepada negara non-Jepang. Dan kali ini diberikan kesempatan pertama kali kepada 5 mahasiswa terbaik hasil seleksi dari 5 negara ASEAN. Berarti dari Indonesia hanya ada satu kandidat terbaik yang akan dikirimkan untuk belajar ke Jepang. Sebuah seleksi yang teramat ketat tentunya. Tapi, tak ada salahnya untuk mencoba… mencoba atau menyesal karena tak pernah mencoba!

Maka saya siapkan semua berkas dengan sebaik-baiknya. Mengejar dosen untuk mendapatkan rekomendasi di sela-sela penelitian yang teramat padat waktunya, browsing internet sambil mengirim puluhan email untuk mendapat acceptance letter dari professor di Todai, jadwal syuro pagi, atau juga sesekali mencari tambahan uang penelitian sambil mengisi training motivasi… dan… sampai akhirnya mencicipi “malaria” yang kambuh kembali… perjuangan yang lumayan berat beberapa minggu terakhir ini. Semoga Allah mencatatnya sebagai sebuah kebaikan…

Dan hari itu… hari yang kemudian membuahkan tulisan “Antri Euuy…” (silakan baca tulisan sebelumnya)… hari belajar tentang kesabaran dan juga “memberi pelajaran”…

Alhamdulillah… semua itu Allah balaskan dengan sebuah peristiwa yang teramat indah (meski perjalanan ke depannya masih akan jauh dan berat).

Selepas pengamatan plankton berjam-jam dengan mikroskop yang membuat mata saya bengkak sebelah dan juga melelahkan… saya bergegas kembali ke lab pusat untuk beres-beres dan pulang untuk istirahat. Benar-benar hari yang melelahkan… selama 1 bulan saya harus mengamati plankton itu… masya Allah…

Ketika hendak menutup laptop… saya melihat sebuah email diterima oleh mail service saya…

“Kepada Yth.
Para Calon Penerima Beasiswa Ajinomoto



Danang Ambar Prabowo


Pertama-tama kami ucapkan selamat karena anda semua telah terpilih sebagai 12 besar calon penerima beasiswa yang akan kami undang untuk interview tahap pertama di Jakarta…”

sebuah email dari CSR Ajinomoto terpampang di depan layar laptop butut yang sudah setia menemani saya selama 3 tahun ini meski di sana-sini dah retak kebanting-banting saat hunting foto di Jepang tahun lalu.

Belum sempat saya bersyukur… tiba-tiba HP berdering.

“Assalamualaikum… dengan mas Danang? Ini dari CSR Ajinomoto. Kami memberitahukan bahwa…”

Selesai percakapan… hanya satu yang bisa saya lakukan… bersujud syukur. Wah rasanya mau mencium semua botol mikroalga saya yang sudah menemai selama 6 bulan terakhir hehehe… Senangnya bukan kepalang, meski pada kenyataannya seleksi berikutnya akan sangat berat, tapi siapa yang bersyukur, Allah akan tambah nikmat-Nya.

Dari semua pelamar, yang lolos tahap 1 ada 12 semifinalis. Sebagian besar mahasiswa / lulusan dari ITB (wuaahhh… bakal ketemu sosok-sosok luar biasa nih), sisanya adalah UGM, UI, dan IPB (alhamdulillah teman satu jurusan dan satu angkatan saya juga lolos).

Hal pertama yang saya lakuka kemudian adalah browsing nama-nama tersebut di google untuk mengetahui secara umum tentang mereka (hehehe… adaptasi dari strategi The Art of War-nya Sun Tzu). Wah ternyata orang-orang luar biasa semua yang lolos itu. Rata-rata sudah pada lulus kuliah… lha saya masih mahasiswa phasing out (istilahnya mahasiswa yang tak diharapkan lagi berada di kampus hehehe). Ra popo… mencoba dan mencoba…

Apapun hasilnya… sekali lagi itu adalah yang terbaik bagiku menurut Allah. Allahu Akbar!!!

Tapi intinya adalah tetap bersabar… bersabar dalam kegembiraan, dalam kesulitan, dan bersabar dalam perjuangan… Insya Allah dalam kesabaran itu Allah bersama selalu. Amin.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah mengajarkan saya untuk bersabar di hari “Antri Euyy…” karena dari sana Allah kemudian memberikan hikmah luar biasa.

Kepada semua pihak juga… mohon do’anya dan nasihatnya untuk ke depannya ya! Insya Allah, Allah akan membalas kebaikannya dengan kebaikan yang berlimpah ruah.

Semangaaaaaattttttttt….!!!! Perjalanan masih panjang… perjuangan masih harus diupayakan!
Allah bersama selalu!

 

27 thoughts on “Allah bersama orang-orang yang sabar… (hikmah dari "Antri euuyyy")

  1. menurut saya ada beberapa orang yang menjengkelkan di dunia ini…
    1. orang yang ngeselin beneran kayak jeng Kellin (pasti kak danang ga pernah nonton acara ini)….hehehe
    2. orang yang udah dikasih tau,,, masiiih aja bandel ngelakuin hal yang sama
    3. orang yang suka ngepost tulisan autis kayak saya
    4. orang kayak kak danang ini, bikin iri kerjaannya. hehehe…

    [suatu saat nanti, entah kapan, pasti akan ada saatnya untuk saya merasakan hal yang hampir sama…aamiin] hehehe

  2. Janji Allah ga pernah meleset …PASTI dan LEBIH…Tidak disangka-sangka dan terkadang ndadak. Barakallah…Selamat atas Kesabaranya…dan Barakallah atas Bonus sebagai 12 calon penerima beasiswa Ajinomotonya…and sampai bermala-mala ria segala Syafakallah insyallah, dosanya iktu rintok itu akh…Semoga dikuatkan Kesabarannya dan Langkah tetap tegap…Harapan itu masih ada…HAMASAH!

  3. Congratulation ya!!!
    Ikut seneng plus iri sangat niiih…
    Tpi..whatever,,semangat ya!!
    University of Tokyo kan sekolah impian saya!!
    Liat aja ya Ka'!! Someday aku bakalan ada di sana juga!!

Leave a Reply

