Alhamdulillah… wisuda S2

Alhamdulillah, usai sudah amanah menyelesaikan studi jenjang S2 di University of the Ryukyus, di Okinawa, Jepang. Dua tahun lamanya berjuang untuk mendapatkan gelar Master of Science (M.Sc), sebuah impian yang dulu hampir mustahil terbayang kan tercapai. Subhanallah, hanya karena izin Allah sematalah semua ini dapat terwujud.

Sangat bersyukur saya atas semua anugerah yang telah Allah berikan selama proses studi S2 ini, Allah perkenankan saya untuk melihat dunia luar yang sungguh berbeda, belajar dari para ahli yang luar biasa, dan menimba pengalaman baru yang tak ada duanya. Alhamdulillah.

Selanjutnya… insya Allah, saya masih akan stay di Okinawa selama 3 tahun mendatang untuk menempuh jenjang S3. Alhamdulillah, Allah SWT memberikan kesempatan untuk menyelesaikan proses studi formal saya di tempat yang sama dengan spesialisasi yang sama pula: mikroalga. Di jenjang S3 (Ph.D) tentu perjuangannya akan jauh lebih berat dan menantang dibanding jenjang S2. Untuk itupula mohon do`anya rekan-rekan sekalian untuk kelancaran dan kesuksesan selanjutnya. Semoga pula ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan bernilai pahala dan berkah di sisi Allah SWT. Insya Allah.

Sukses juga untuk rekan-rekan sekalian yang saat ini tengah berjuang mengejar impiannya atau baru memulai langkah-langkah awal menggapai impian. Fastabikhul khoirot! Ganbarimashou!

48 thoughts on “Alhamdulillah… wisuda S2

  1. Congratulation mas,,, semoga 2014 menjadi tahun saya untuk memulai menimba ilmu di Kyoto University🙂 . Aamiin🙂 (impian yang belum tercapai :P)

  2. Selamat mas danang atas wisudanya.
    saya sudah baca buku “motivadrenalin” , luar biasa itu sangat membantu saya . banyak motivasi” yang dapat saya ambil. saya doakan sukses untuk S3 nya.
    -purwita SMK Bakti Idhata Jkt-

  3. Barokallohu mas danang, semoga ilmunya barokah…
    Selamat berjuang tuk s3 nya, alhamdulillah video pembuat jejak mas danang, sangat memotivasi saya dan teman2. Salam dari saya, s2 kimia UGM (penerima BU DIKTI 2012), semoga saya bisa ke Jepang nantinya, aamiin Ya Rabb….sambung doa.Salam dari kami di Indonesia.

  4. Assalamualaykum mas danang.
    selamat atas s2 nya mas danang, semoga diberi kelancaran oleh Allah untuk s3 nya mas, amin.
    Mas, mohon tanggapan nya ya mas. InsyaAllah bisa memotivasi saya.
    mas, saya ingin mencoba menulis 100 mimpi-mimpi saya dan saya sudah mulai menuliskannya meskipun belum sampai ke angka 100, mas. Tapi, tiba-tiba terlintas dalam fikiran saya rasa takut jikalau nantinya mimpi itu tidak bisa saya wujudkan, saya malah akan merasa sangat kecewa dan membuat semua semangat saya luntur dalam seketika, dan jika itu terjadi saya takut akan sulit untuk bangkit kembali.
    Jadi, apa yang sebaiknya saya lakukan mas?
    terima kasih mas sebelumnya.
    wassalam.

    • Memiliki impian besar… resiko terbesarnya adalah gagal dan kecewa. Barang siapa yang ingin memiliki impian yang besar, maka harus menyiapkan jiwa dan hati yang lebih besar lagi untuk menghadapi kegagalan yg besar.

  5. Assalamu’alaikum. Wr. Wb.
    Subhanallah. Cita-cita saya yang tidak tercapai, belajar ke Jepang.
    Dua wajah yang teduh. semoga Allah memberkahi Anda berdua. Uhibbukum fillah.
    salam kenal

  6. Assalamualaiku Wr , Wb .
    Luar Biasa Sekali Jejak2 anda Mas , Itupun dulunya hanya Tulisan Yang Ada di atas kertas,saya sudah mlihat film pendek judul “Jejak jejak mimpi” dan itu yg selalu membuat saya trus berjuang meraih mimpi dan cita2 setelah saya lulus dari bangku SMA 4 bulan ke depan ini,
    Satu pesan dari saya mas : Terima kasih telah menjadi support dalam hidup kami yg terus berjuang untuk meraih mimpi dan cita2!

  7. kak danang sebelumnya selamat atas s2 nya😉 kak danang disini saya ingin motivasi kak danang langsung, kak danang saya sudah menulis 100 target saya dan alhamdulillah sudah tercoret 6, dan akhir akhir ini saya merasa takut dan merasa tidak mampu untuk mencapai beberapa dari 100 target itu, dan yang ingin saya tanyakan, bagaimana jika dalam 100 target itu saya benar benar tidak bisa mewujudkannya, apa saya harus menulis GAGAL di samping nomer target itu apa bagaimana ya? dan kak saya mau nanya, di dalam 100 target kaka itu tercoret semua apa ada yang tidak terwujud?🙂 nohon replynya ya ka, saya tunggu, makasih ka

    • Dari 100 target ada beberapa yang gak terwujud. Dan itu tidak mengapa bagi saya. Karena saya masih bisa menuliskan target2 lainnya. Jika gagal ya sudah tidak perlu terlalu dipikirkan. Terus melangkah untuk mewujudkan target-target yang lainnya.

      • tapi jika target yang tidak terwujud itu masalah kuliah bagaimana kak? saya menuliskan target juara umum di semester ini tapi setelah melihat nilai saya yang seringkali mendapat C dan sempat mengulang ujian (remedial) membuat saya merasa mustahil bila target itu terwujud walau pengumuman IP pun belum keluar dan saat ini saya masih mengira ngira saja. tapi kak saya sudah berusaha dan berikhtiar semaksimal saya, saya bersemangat menulis mimpi yang besar karena video 100 target kakak dan abang saya pun terinspirasi dari video kakak, abang saya menulis di target IP 4,0 (dan allahuakbar target itu terwujud dan sudah menjadi coretan) tapi semenjak target saya yang satu ini terlihat mustahil saya merasa kurang bersemangat lagi kak, saya merasa saya terlalu pede menulis target seperti itu😦 mohon balasannya ya ka, terimakasih🙂 mohon motivasi super kakak ya😦 dan mohon doa kaka juga ya😦🙂

      • Menuliskan 100 impian tidak akan menjamin semuanya akan otomatis terwujud begitu saja. Ada ikhtiar, ada do`a, dan terakhir ada Allah yang memutuskan. Terkadang kita “merasa” sudah berusaha maksimal… padahal jika dibandingkan orang lain, usaha kita belum ada apa-apanya.

        Misal salah satu 100 target saya adalah lulus IPB dengan predikat cum laude. Tapi nyatanya saya lulus hanya dengan predikat memuaskan bahkan predikat sangat memuaskan juga gak kesampaian. Hanya karena 2-3 nilai C saja. Terus apakah saya harus menyerah dan gak semangat dengan kondisi ini? Tentu tidak. Alangkah kecilnya semangat saya jika hanya karena gagal di satu impian besar itu, saya kemudian menyerah untuk meraih impian-impian besar lainnya.

        Prinsip saya: Jika satu impian belum berhasil, coba sekali lagi di kesempatan yang lain dengan cara dan usaha yang lebih baik lagi. Jika gagal lagi, ambil hikmah serta evaluasi dan tinggal melangkah ke target-target lainnya. Ada 4000-an lebih target yang ingin saya wujudkan, kenapa harus terhenti dengan kegagalan pada satu target saja?!

        Jika saat itu saya memutuskan menyerah dan tak bersemangat hanya karena aplikasi beasiswa S2 ke Jepang saya “DITOLAK” puluhan kali… tentu saya tidak akan berada di Jepang saat ini.

        Intinya, evaluasi diri dan sadari sekedar menuliskan impian tidak akan merubah apapun, kecuali Anda bekerja lebih keras daripada orang lain untuk mendapatkan hasil terbaik dari ikhtiar Anda itu.

  8. subhanallah🙂 kata kata kakak sangat memotivasi saya, dan terimakasih atas motivasi kakak. maaf ka sebelumnya, apa saya boleh minta email kakak, agar saya bisa lebih banyak bercerita dan memang banyak sekali yang ingin saya ceritakan, dan sebentar lagi juga ip saya insyaallah keluar dan disaat itu juga saya ingin berbagi cerita dgn kakak. dan maaf ka sebelumnya, suatu kebanggaan saya sekali jika saya dan kakak bisa menjadi teman yang saling bercerita dan saling memberi motivasi jikalau saya nanti merasa jatuh dan putus asa. terimakasih kak sebelumnya😉 dan maaf kak jika ada sepatah kata dari saya yang tidak berkenan di hati🙂

  9. selamat atas semua kerja keras nya ya mas danang…
    mas ada yang saya mau tanyakan saya kuliah di universitas swasta di kota saya yang kebetulan juga tidak terkenal, dapat kah saya bisa mendaftar sebagai calon penerima beasiswa?terimakasih mas, mohon bantuannya

    • Saya rasa tidak masalah untuk mendaftar seleksi beasiswa manapun kecuali ada syarat yang memang spesifik untuk lulusan universitas tertentu. Tinggal mencari info beasiswa dan mengikuti instruksi serta syarat dari panitia seleksi beasiswanya saja.

  10. Wuiihh selamat ya kak dan pada akhirnya memang gak ada hal yg gak mungkin😀
    aku bener2 terinspirasi banget dari dulu nih >.<
    dan udah berhasil mencoret impian2ku ^^

    semoga berhasil mendapat gelar Ph.D nya ya kak ^^
    amiin

  11. Subhanalloh, pada pukul 11.58 WIB tepat saya selesai membaca ini semua, dan hasil akhirnya adalah rasa kagum terhadap Anda Mas Danang dan motivasi yang bertambah untuk menggapia semua mimpi saya. Saya meruapakan mahasiswa keguruan bahasa Inggris, dan saya ingin sekali pergi ke Jepang, saya sedang mencari kursusan bahasa Jepang yang dapat menyalurkan saya ke Jepang. Harapan S2 di Jepang itu konyol kata orang tua saya. Seakan Orang tua tidak ridho saya ada di Jepang, sejak itu saya berpikir kesempatan ke Jepang saya hilang. “Orang tua saja tidak setuju, kan ridho Allah itu ridho orang tua”, pikir saya kala itu dan sampai saat ini. Semoga, Allah memberikan jalan terhadap saya untuk menggapai impian saya, dan semoga mas Danang sekeluarga selalu dalam lindungan dan keberkahan Allah swt., di dunia hattal akhirat. Amin Ya Rabb🙂
    Hopefully, this message will be replied. Happy is know someone like you.🙂

    • Sebelum Anda memutuskan ingin ke Jepang, Anda harus meyakinkan diri terlebih dahulu, tujuan ke Jepangnya untuk apa? Studi? Jalan2? Kerja? atau lainnya?

      Hal ini penting sekali mengingat jika tujuan Anda ke Jepang adalah untuk kuliah S2, maka keterkaitan bidang S2 Anda nantinya dengan bidang S1 Anda itu sangat diperhatikan oleh panitia seleksi.

      • Assamualaikum mas danang,
        saya ingin bertanya, saya mahasiswa biologi S1
        melihat postingan dari mas, saya sangat tertarik untuk kuliah S2 di jepang,.
        nah, menurut mas, jurusan/bidanng apa yang tepat untuk saya nantinya ?

        syukron

      • Waalaikumussalam wr. wb.
        Wah ya seharusnya Anda yang lebih tahu bidang apa yang tepat untuk menunjang minat dan masa depan Anda. Anda bisa baca banyak literatur ataupun informasi jurusan di Jepang melalui internet dan cari yang kira2 cocok dengan bidang dan minat Anda. Kuncinya adalah mencari dan membaca sebanyak-banyaknya informasi yang menunjang secara mandiri.

  12. Assalam’alaikum…
    sbhanalloh… semoga berkah ya ka.
    ka danang, mau tau suka duka kuliah s2 di jepang sana boleh??
    kesulitan, tantangan atau lainnya, mengingat kita bkan dr bangsa jepang?
    dan kesiapan2 dlm menimba ilmu dsana.
    boleh ka?

  13. assalamualikum mas, masih mau nanya lagi nih,🙂

    trus bagaimana cara mengontak profesor di jepang mas?
    sajian email yang pantas untuk di kirimkan ke profesor2 itu seperti apa yy?
    kalau saja email itu tak dibalas ?
    univ di jepaqng bagusnya yang swasta ato negri ?

    afwan mas, ane banyak tanya

  14. Semangat saya untuk meraih impian yang tadinya karam sekarang mulai bangkit lagi , sejak saya menonton video 100 target impian Mas Danang di youtube dan akhirnya sampai di blog ini ,
    Terimakasih banyak mas Danang .
    Sukses Selalu

Leave a Reply

