30 tahun!

blogger-image-43807623

Image source: http://goo.gl/I618aq

Sekiranya setiap hari dalam 35 tahun itu saya gunakan waktu 6 jam untuk tidur, maka 9 tahun saya gunakan hanya untuk tidur. Menyisakan 26 tahun. Tapi pastinya dalam 26 tahun itu tidak 100% dapat saya gunakan untuk bekerja secara penuh. Ada waktu yang terpakai untuk hal-hal yang sifatnya sampingan. Internet, nulis blog, FB, baca buku, jalan-jalan, ngobrol… ya Allah ternyata terlalu banyak hal kurang penting yang saya lakukan… mungkin jika ditotal… semua kegiatan sampingan itu akan menghabiskan 10 tahunan dari sisa usia saya. Berarti menyisakan sekitar 15-16 tahun untuk dapat beraktivitas secara produktif. Astaghfirullah.

15 tahun… cukupkah untuk mempersiapkan diri hingga aja menjemput? Sebuah pertanyaan yang sungguh sulit untuk dicari jawaban yang pasti.

Banyak orang yang takut ketika berbicara tentang ajal dan maut. Berusaha menghindari membicarakannya atau bahkan menganggap maut sebagai sesuatu yang tak terlalu penting. Seolah kita akan hidup selamanya dan bisa mati kapanpun kita mau. Padahal sesungguhnya semua yang hidup pasti akan mati dan kematian hanya Allah sajalah yang tahu kapan waktunya. Yang pasti tidak semakin jauh dari kita waktunya. Hari ini, esok, lusa… tak pernah kita tahu.

15 tahun… ya Allah… itu bahkan hanya setengah dari usia yang telah saya jalani. Dan betapa banyak kelalaian yang telah saya lakukan selama ini. Astaghfirullah.

Di usia saya yang ke 30 tahun hari ini… saya ingin mengucapkan kesyukuran atas segala nikmat yang telah Allah berikan. Semoga tidak berhenti bersyukur hanya di hari ini saja. Namun dalam setiap detiknya. Terima kasih kepada istri dan keluarga atas curahan kasih sayang dan dukungannya. Sahabat semuanya atas do`a dan pertemanannya. Kepada semua orang yang telah bersedia mengkritik saya secara langsung maupun sembunyi-sembunyi, karena setiap kritikan tersebut yang menempa diri saya hingga saat ini.

15 tahun… itu juga jika Allah berkenan memberikannya pada saya… bisa jadi lebih lama bisa jadi lebih sedikit, tak ada yang tahu kecuali Allah sendiri. Semoga diri ini menjadi lebih bijaksana dalam menyikapi berbagai tantangan hidup. Semoga semakin dekat dengan Allahu Rabbul`alamin. Dan semoga semakin bisa memaknai setiap detik yang tersisa dengan lebih baik. Amin.

Mohon maaf sekiranya ada khilaf yang menyakiti…

Hari ini, esok, lusa, tahun depan…? saya tak pernah tahu. Hanya persiapan dengan memperbaiki diri setiap waktunya dan bertawakal kepada Allah-lah yang bisa saya lakukan.

“Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran” (Q.S Al Ashr: 1-3)

 

 

 

3 thoughts on “30 tahun!

Leave a Reply

