TUTORIAL Mini Macbook: Instal Dual Boot Mac OSX Snow Leopard 10.6.4 dan Windows 7 pada netbook HP mini 311


Bissmillah…

Tutorial ini akan menjelaskan bagaimana caranya menginstal dua Operating System (OS) yang berbeda pada satu perangkat netbook HP mini 311. Awalnya saya tidak berminat menggunakan OS format Macintosh (Mac) karena perangkat laptop (yang identik dengan warna putih / abu-abu dan bersimbol buah apel) yang memang cukup mahal. Pernah mencoba skin theme Mac OSX di Win 7… indahnya hanya pada tampilannya saja…namun tetap gak akan bisa memenuhi kebutuhan kerja di laboratorium yang kebanyakan menggunakan software berbasis Mac untuk analisis data genetik, taxonomy, dan phylogeny… maka saya kemudian memutuskan untuk menabung dan membeli Macbook Pro (MBP)… di sisi lain saya masih membutuhkan OS Windows 7 saya untuk keperluan lainnya… pilihan yang sulit selain itu dananya juga sulit hehehe…

Namun… belum sempat terkumpul semua uangnya, Alhamdulillah saya menemukan dua tutorial yang khusus menjelaskan tatacara menginstal OSX Snow Leopard dan Win 7 sekaligus pada Netbook HP mini 311 yang saya miliki.

Netbook HP mini 311… banyak orang yang meremehkannya, namun kenyataannya ini adalah salah satu netbook paling powerful saat ini dengan support Nvidia ION yang memang fenomenal. Bahkan ada beberapa forum di luar negeri sana yang secara khusus membuat situs mengenai modifikasi netbook ini, salah satunya menginstall OSX Macintosh yang dikenal dengan istilah… hackintosh! Netbook ini telah resmi dikonfirmasi untuk menjadi alternatif hardware pengganti Macbook Air meski tidak 100% identik.

Butuh waktu total 2-3 hari untuk mempersiapkan semua bahan yang diperlukan serta menginstal semua sesuai petunjuk yang ada. Meski beberapa kali saya harus mengulang instalasi karena penjelasan yang kurang bagus. Tapi total proses instalasinya mungkin hanya 3-4 jam saja.

Dua tutorial yang berbeda itu ada di sini:

(1) http://mymacbookmini.blogspot.com/2010/08/windows-7-snow-leopard-1064-on-hp-mini.html

(2) http://mymacbookmini.com/guides/hp-mini-311/dualboot-snow-leopard-windows-7-guide/

Saya menggabungkan dan memodifikasi dua tutorial tersebut. Alhamdulillah perjuangan sulit dan panjang (halah…) itu berhasil dengan manis dengan ter-dual bootnya netbook HP mini 311 saya menjadi mini macbook pro dengan OSX Snow Leopard dan Win 7 dengan sukses dan stabil.

Kelemahan dari Hackintosh ini adalah:

  1. Wifi HP mini 311 menjadi tidak berfungsi di partisi OSX Snow Leopard dan mungkin juga di partisi Win 7-nya. Kecuali Anda mengganti wifi card-nya dengan yang kompatibel dengan Mac. (Saya tidak butuh wifi saat ini, jadi bagi saya no problem)

  2. Update System OSX-nya tidak bisa dilakukan secara langsung (misal dari 10.6.4 ke 10.6.5) melalui Software Update, jika Anda memaksa melakukannya, maka Mac OSX anda akan corrupt dan harus instal ulang semuanya. Tapi Anda bisa update program lainnya melalui Software Update (cek selalu info di google ttg update hackintosh!)

  3. Fitur sleep dan hibernate di OSX pada Hackintosh ini masih dalam tahap pengembangan, jadi usahakan jangan menggunakan dua fitur ini dulu karena akan membuat crash kernel panic dan Anda harus reboot.

  4. Usahakan jangan merestart OSX dalam keadaaan USB Flashdisk dan USB hardware lainnya tercolok ke netbook mini Anda, ini akan mengakibatkan sistem crash dan Anda tidak bisa boot. Lepaskan USB dan reboot kembali, Insya Allah semuanya akan kembali seperti semula.

Semoga bermanfaat!

CATATAN PENTING:

  1. SAYA TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS SEMUA HAL DAN RESIKO YANG TERJADI SELAMA DAN SESUDAH PROSES INSTALASI. DO WITH YOUR OWN RISK !!!

  2. HANYA BERLAKU KHUSUS UNTUK NETBOOK HP MINI 311, TYPE/MERK LAIN TIDAK BISA !!!

  3. SAYA ANGGAP ANDA YANG INGIN MELAKUKAN HACKINTOSH TELAH MENGENAL DAN MEMAHAMI ISTILAH-ISTILAH YANG DIGUNAKAN DALAM BIDANG KOMPUTER.

Sebelum memulai… siapkan bahan-bahan berikut:

  1. Netbook Hawlett-Packard (HP) Mini 311

  2. DVD portable (biasanya ada dalam 1 bundel pembelian HP Mini 311)

  3. CD / DVD kosong untuk burning beberapa software

  4. Flashdisk 2-4 GB (disarankan menggunakan merek yang terkenal seperti Kingston karena beberapa flashdisk abal2 saya gak terbaca selama proses instalasi, dan format dengan menggunakan format FAT32)

  5. Akses internet yang stabil untuk mendownload berbagai software-nya (softwarenya gede-gede soalnya)

  6. Selama Instal sumber kelistrikan harus stabil dan harus tetap ada. Jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik selama proses instalasi… maka Anda bisa merusak netbook Anda secara permanen.

  7. Driver HP mini 311 (bisa didownload di situs HP kira-kira 1-2 GB)

  8. Bios HP mini 311 versi F.15 (Bisa didownload di situs HP)

  9. Software bootloader: BootCD.iso (bisa didownload di sini: http://www.mediafire.com/?9n5y15w4tlp9qcz)

  10. DVD OSX Snow Leopard 10.6 installer (bisa dibeli di tempat resmi Apple… tidak disarankan menggunakan software bajakan! Karena kemungkinan ada bagian2 yang akan corrupt filenya).

  11. Mac OSX version 10.6.4 updater (combo) (Bisa didownload di sini http://support.apple.com/kb/DL1048 sekitar 1GB)

  12. Chameleon Bootloader Darwin Project khusus HP Mini 311: HPmini311DP_HF6.dmg (bisa didownload di sini http://www.mediafire.com/?ch40i4jcjb53lkx)

  13. DVD Windows 7 (Sebaiknya gunakan yang asli… saya menggunakan asli Win 7 Ultimate bundel bonus dari HP mini 311. Kalau bajakan… saya kurang tahu bisa apa tidak).

Langkah-langkahnya:

  1. Baca Basmallah dan berdo’a kepada Allah agar semuanya lancar dan berjalan dengan baik…🙂

  2. Pastikan netbook HP mini 311 Anda tidak tersambung ke Flashdisk manapun, kecuali DVD portable, mouse, dan kabel listriknya).

  3. Burning image file BootCD.iso ke dalam CD atau DVD kosong menggunakan program khusus image file burning misal PowerISO. Kemudian beri nama BootCD Loader pada kepingan CD / DVD-nya.

  4. Copy file Mac OSX version 10.6.4 updater.dmg dan Hpmini311_HF6.dmg ke flashdisk Anda. Kemudian eject flashdisk Anda dari HP mini 311 Anda.

  5. Update BIOS HP mini 311 ke versi F.15 (hati-hati dan ikuti instruksi yang ada pada file downloadnya, jika perlu cari referensi khusus tentang installing BIOS… sekali lagi HATI-HATI… salah instal BIOS akan menyebabkan netbook Anda mati total).

  6. Backup seluruh file Anda yang ada di hard disk, karena langkah berikutnya akan menghapus dan mengosongkan Hard Disk Drive (HDD) netbook HP mini 311 Anda.

  7. Masukkan DVD Win 7 pada DVD portable Anda kemudian boot dari sana dengan cara menekan ESC saat menghidupkan HP mini 311 dan muncul logo HP berwarna biru. Kemudian tekan F9 dan pilih Boot from DVD.

  8. Tunggu hingga layar membawa Anda pada jendela installer Win 7 dimana Anda diminta memilih bahasa (language).

  9. Pada saat layar itu muncul tekan SHIFT + F10 atau Fn + SHIF + F10 secara bersamaan hingga muncul layar kecil command prompt (CMD) bewarna hitam.

  10. Pada layar itu ketikkan command line berikut dan tekan ENTER pada akhir masing2 baris:

    diskpart.exe

    select disk 0

    clean

    convert GPT

    list disk (ket: di sini Anda akan melihat ukuran HDD Anda seluruhnya berapa, punya saya 232 GB atau 232000 MB)

    create partition EFI size=200 (ket: ini partisi 1, dalam MegaByte)

    create partition primary size=117000 (ket: ini partisi 2 dalam MegaByte, ini settingan saya untuk instal Mac OSX Snow Leopard di sini)

    create partition primary size=115000 (ket: ini partisi 3 dalam MegaByte, ini settingan saya untuk instal Win 7 di sini)

    extend

    list partition (ket: Anda akan melihat daftar partisi dan ada tanda * di depan partisi 3)

    format fs=ntfs quick (ket: tunggu hingga 100%)

    exit

    exit

  11. Anda akan kembali lagi di jendela installer win 7.

  12. Masukkan CD atau DVD berlabel BootCD Loader yang telah Anda burn sebelumnya ke dalam DVD portable.

  13. Tekan simbol X pada kanan atas jendela installer win 7 dan pilih YES untuk merestart HP mini 311, dan boot kembali dari DVD seperti langkah nomor 5.

  14. Anda akan dibawa ke layar yang menunjukkan beberapa Icon (boot CD, Windows NTFS) di bagian atas layar Anda akan melihat tulisan yang kurang lebih berbunyi: Insert Mac OSX DVD Installer, wait for a few moments, and press F5 to refresh…

  15. Pada layar tersebut keluarkan keping BootCD Loader dan ganti dengan DVD OSX Snow Leopard 10.6 installer. Tunggu beberapa saat, kemudian tekan F5. Anda akan melihat icon baru di sebelah kanan bernama Mac OSX DVD Installer. Gerakkan cursor pada keyboard untuk memilih icon tersebut dan tekan enter.

  16. Anda akan dibawa masuk ke layar Mac OSX installer. Tunggu hingga Anda diminta untuk memilih bahasa apa yang ingin Anda gunakan, klik NEXT. Lanjutkan hingga di bagian atas layar muncul finder bar yang ada pilihan DISK UTILITY.

  17. Arahkan mouse dan klik DISK UTILIY > PARTITION.

  18. Anda akan melihat jendela yang menampilkan partisi HDD HP mini Anda.

  19. Klik “disk02” yang ada di bagian kiri jendela partition (ini adalah partisi 2 yang Anda buat sebelumnya)

  20. Pilih Erase pada bagian kanan jendela partition

  21. Rename dengan: Machintosh HD dan format dengan pilihan Machintosh Journaled (pilihan pertama).

  22. Klik ERASE, maka Partisi kedua (disk02) ini akan diformat dengan nama Machintosh HD.

  23. Tutup jendela partisi dan kembali ke bagian OSX installer.

  24. Ketika Anda diminta memilih di mana Anda ingin menginstal OSX Snow Leopard, pilih Machintosh HD (jangan yang Windows NTFS).

  25. Dan lanjutkan hingga proses instalasi berlangsung selama 30 menit – 1 jam (biarkan hingga selesai.

  26. Jika Anda menemukan tulisan: “INSTALLATION FAILED” lanjutkan saja karena kejadian ini adalah normal. Namun biasanya Anda akan langsung diminta untuk restart tanpa mengalami masalah ini.

  27. Setelah selesai instalasi, restart HP mini 311 Anda.

  28. Masukkan kembali kepingan BootCD loader ke DVD portable. Tekan dan tahan tombol On/Off untuk mematikan netbook anda. (Jika Anda teruskan tanpa mematikannya, maka Anda akan menemukan bahwa HP mini 311 Anda tidak bisa booting. Jika Anda menemukan layar ini, matikan saja netbook mini 311 Anda)

  29. Setelah itu hidupkan kembali netbook Anda dan dengan kepingan BootCD loader lakukan boot dari DVD portable seperti langkah no. 5 hingga Anda kembali pada layar hitam dimana Anda bisa memilih beberapa Icon seperti langkah no 12.

  30. Kali ini pilih Machintosh HD untuk booting. Maka Anda akan dibawa ke layar abu-abu dengan logo Apple di tengahnya. Anda akan melihat gambar loading berputar-putar di bawahnya. Jika Anda melihat bahwa netbook mini Anda seperti “Hang”… biarkan untuk beberapa lama (10 menitan) karena proses booting pertama kali ke Snow Leopard memang lama.

  31. Setelah itu Anda akan melihat layar menjadi hitam, kemudian biru… dan Anda akan melihat video selamat datang yang keren dari Apple (tanpa suara, suara akan muncul nanti setelah win 7 diinstal).

  32. Setelah itu Anda akan diminta mengisi data diri Anda. Isi sesuai dengan keperluan Anda dan petunjuk yang Ada, dan klik NEXT.

  33. Insya Allah Anda akan dibawa ke desktop Mac OSX Snow Leopard 10.6 yang WOW hehehe… (ini pertama kalinya Anda menjumpai Mac OS di HP mini 311 milik Anda… dan mungkin Anda akan sedikit bingung dengan Mac OSX)

  34. Jika Anda mengklik logo Apple di finderbar dan mengklik About This Mac dan More Info… Anda akan melihat bahwa sistem Anda menjadi Macbook Pro 1.5… Mantaaab!

  35. Di bagian finderbar (atas layar) pada simbol Apple klik SYSTEM PREFEFERENCE > SECURITY > Uncheck USE SECURE VIRTUAL MEMORY (sebelumnya klik simbol gembok di bawah dan masukkan password milik anda yang Anda daftarkan di awal log in Mac OSX)

  36. Masukkan flashdisk yang telah Anda siapkan pada langlah no. 4. Kopi dua file yang ada di dalamnya. Extract isinya.

  37. Kemudian lanjutkan dengan menginstal Mac OSX version 10.6.4 updater.dmg (file Hpmini311DP_HF6.dmg akan Anda install nanti).

  38. Prosesnya akan berlangsung cukup lama sekitar 30 menit. Terkadang akan terlihat seperti “Hang” tapi biarkan saja beberapa lama.

  39. Setelah selesai Anda akan diminta restart netbook. Tapi sebelum itu masukkan DVD Win 7 installer ke DVD portable. Baru restart.

  40. Reboot dari DVD win 7 seperti langkah 5.

  41. Lanjutkan hingga Anda masuk ke Jendela Installer Win 7. Teruskan hingga Anda diminta untuk memilih lokasi untuk menginstal Win 7 Anda. Pilih PARTITION 3.

  42. Lanjutkan seperti menginstal Win 7 normal. Selama proses instalasi netbook Anda akan restart dengan sendirinya beberapa kali (2-3 kali dalam kasus saya), biarkan saja, karena itu adalah prosedur standar instalasi Win 7 di HP mini 311.

  43. Setelah selesai instalasi Anda akan restart dan masuk ke desktop Windows 7. Lakukan penyesuaian yang diperlukan di sini.

  44. Selanjutnya buat Repair Disk dari Windows 7 yang anda miliki. Caranya sebagai berikut:

  45. Siapkan DVD kosong dan DVD portable Anda.

  46. Klik Start > Control Panel > System and Security > Backup and Restore

  47. Pilih CREATE A SYSTEM REPAIR DISK

  48. Kemudian pilih DVD portable Anda untuk burning System Repair Disk dari Windows 7. Setelah selesai kasih label Repair Disk Win 7 pada kepingannya.

  49. Masukkan kepingan BootCD Loader ke dalam DVD Portable Anda, dan restart HP mini 311

  50. Boot dari DVD itu seperti langkah no. 5

  51. Pilih Machintosh HD untuk masuk ke Mac OSX Snow Leopard.

  52. Instal file Hpmini311DP_HF6.dmg yang telah Anda kopi sebelumnya pada langkah no 34.

  53. Setelah selesai, masukkan DVD Win 7 Installer Anda ke DVD portable dan restart.

  54. Boot dari DVD Win 7 seperti langkah no 5.

  55. Biarkan hingga Anda dibawa pada jendela Win 7 installer dimana Anda diminta untuk memilih bahasa.

  56. Munculkan Command Prompt (CMD) dengan menekan SHIFT + F10 atau SHIFT + Fn + F10.

  57. Masukkan command berikut ini:

    diskpart.exe

    select disk 0

    select partition 3

    list partition (pastikan tanda * ada di depan partition 3)

    active

    exit

    exit

  58. Masukkan kepingan System Repair Disk yang telah Anda buat pada langkah nomor 44-46 dan restart dengan menekan simbol X pada kanan atas jendela installer win 7 atau dengan menekan dan menahan tombol power.

  59. Boot dengan menggunakan System Repair Disk seperti langkah no 5.

  60. Biarkan hingga Anda dibawa pada jendela installer win 7 kembali, Kemudian lakukan restart dan recover.

  61. Setelah selesai restart netbook Anda.

  62. Masukkan DVD win 7 installer Anda kembali dan boot lewat sana seperti langkah no 5.

  63. Tunggu hingga Anda masuk ke bagian jendela instaler dimana Anda diminta untuk memilih bahasa.

  64. Munculkan kembali command prompt (CMD) dengan menekan SHIFT + F10 atau SHIFT + Fn + F10.

  65. Masukkan command line berikut ini:

    diskpart.exe

    select disk 0

    select partition 1

    active

    exit

    exit

  66. Kemudian restart netbook Anda. Kali ini biarkan boot tanpa DVD hingga Anda dibawa pada layar dimana ada icon harddisk dan process bar. Jika Anda membiarkan process bar selesai maka Anda akan otomatis dibawa ke OSX Snow Leopard di HP mini Anda🙂

  67. Jika selama processbar Anda menekan salah satu tombol di keyboard Anda akan dibawa kepada layar dengan Icon bertuliskan Machintosh HD dan Windows NTFS. Jika ingin log ke Win 7 pilih Windows NTFS… jika memilih Machintosh HD maka Anda akan dibawa ke OSX Snow Leopard🙂. Lakukan instalasi driver HP mini melalui Win 7 jika diperlukan.

Jika Anda bisa melakukan langkah terakhir di atas… maka SELAMAT… Anda telah berhasil meng-hackintosh HP mini 311 menjadi mini macbook pro 1.5 dengan OSX Snow Leopard 10.6.4 dan Win 7.

Hackintosh ini akan bekerja sekitar 95% dari versi asli pada Macbook, karena dari hardware memang berbeda dan tentu yang Macbook aslinya jauh lebih bagus.

Usahakan untuk selalu mencari informasi mengenai Hackintosh dari 2 link yang saya berikan di awal tutorial atau di google. Karena selalu ada informasi terbaru tentang tatacara update yang baik dan benar. Karena jika salah update bisa-bisa hackintosh Anda akan salah

Saya akan dengan senang hati menjawab pertanyaan selama saya tahu permasalahan dan jawabannya.

Selamat bersenang-senang dengan mini macbook-nya🙂

13 thoughts on “TUTORIAL Mini Macbook: Instal Dual Boot Mac OSX Snow Leopard 10.6.4 dan Windows 7 pada netbook HP mini 311

  1. Kalau step dr tutorial aslinya pendek banget kok hehehe… ini saya detail-kan karena saya sendiri kebingungan dan harus install ulang beberapa kali karena gak mudeng hehehe. Prosesnya sebenarnya mudah hanya waktu installnya yang lama🙂

  2. Banyak juga Gan… kalo dijabarkan satu2 bakal kebanyakan. Kalo buat grafis (photo editing) bagus banget, misal ada fitur buat kalibrasi colour monitor dr settingan kamera. Selama ini kalo edit di windows foto2 kamera ane kok aneh melulu gambarnya ga konsisten. Tapi setelah ane pake Mac ini baru ketahuan warna aslinya.

    Terus banyak aplikasi yang bagus2 yang bisa didownload secara langsung.

    Tapi tujuan utama ane install mac adalah agar bisa menggunakan software untuk analisis genetik seperti yang digunakan di Lab.

    Ente harus nyoba gan… baru akan tahu🙂

  3. Sama, saya masih menggunakan Windows buat editing. Soalnya belum punya software untuk edit foto di Mac🙂

    Kata rekan2 yang serius di bidang photography, mac merupakan perangkat terbaik untuk editing. Wallahualam.

  4. Askum mas ni sy juga coba hackintosh hpmini 311, tp pake iatkos s3 tp vga nya g CQ/CI mau cb tutorial nya g punya dvd mac 10.6 retailnya bisa g copy dvd nya hehe…

  5. Boleh… silakan mampir ke Okinawa🙂 Hehe…
    Btw netbooknya apa? HP Mini 311 atau yang lainnya? CQ/CI itu apa? Core Image? Sudah memastikan kalo laptopnya compatible utk hackintosh? Kemarin saya coba dg laptop HP probook ga berhasil instalnya… T_T

  6. gan, step ke 57 ane dapet error abis ketik active kluar message kae gini
    The selected disk is not a fixed MBR disk
    The ACTIVE command can only be used on fixed MBR disk

    kenapa yaa gan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s